Searching...

Resep dan cara membuat cendol Hijau

4:49:00 AM

Cara Membuat Cendol

 Bahan yang perlu anda siapkan adalah:

    Tepung Beras 1 kilo (saya referensikan gunakan tepung beras rose brand atau yang lebih baik untuk hasil yang enak, dari pengalaman saya 5 tahun membuat dan berjualan cendol)
    -Gula aren 2 kilo
   - Gula putih 1 kilo
    -Kelapa 7 butir
    -Daun pandan untuk pewarna sekaligus pengharum minuman 1 ikat
    -Garam secukupnya
    -vanili secukupnya
    -Kapur sirih untuk membuat cendol tidak cepat basi
   - Air

Jika semua bahan sudah dipersiapkan sekarang tinggal cara membuatnya

Daun pandan dihaluskan dengan cara diblender dengan air kemudian hasilnya diperas untuk mendapatkan warna hijaunya, air perasan pandan ini bisa tahan 1 bulan untuk anda simpan namun saya menyarankan untuk segera menggunakannya jika sudah anda peras karena jika anda gunakan besok atau lusa aroma harumnya sudah hilang.
Nah air perasan pandan dicampur dengan kapur sirih kemudian diaduk rata dengan seluruh tepung beras dicampur dengan garam. Buatlah adonan sampai rata dan encer kemudian dimasak dikuali sambil diaduk jangan sampai menggumpal, ciri cendol sudah masak adonan yang dimasak tadi kelihatan mengkilat dan ingat jangan sampai gosong karena kalau sudah mengkilat dia akan segera gosong, jadi anda hati-hati memasaknya, kemudian masukkan kecetakkan yang telah disediakan, nanti saya tampilkan fotonya. Jadilah cendol berwarna hijau.

Untuk airnya kelapa diblender sampai halus agar didapat santan yang cukup kemudian diperas dan jangan lupa dimasak, setelah masak campurkan dengadenag cendol yang sudah dicetak tadi.

Untuk pemanisnya, gula merah dimasak dengan sedikit air ditambah gula putih, ukuran airnya 1 gayung dengan seluruh gula yang disiapkan tadi.

Catatan jangan campurkan gula dengan cendolnya, gula dan cendol disatukan saat proses penghidangan di gelas masing-masing.

 Nantikan resep berikutnya dari saya.